Catatan Seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)

shape image

Catatan Seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)

Dalam perkembangan zaman, sektor pertanian senantiasa mulai tergerus oleh perkembangan zaman modernisasi seperti banyak pembangunan perumahan, pembangunan pabrik atau bahkan pengekploitasian lahan sehingga berpengaruh terhadap ketersediaan lahan untuk bertani, kita lihat dikota kota besar, lahan pertanian yang semakin kecil atau bahkan nyaris menghilang ditelan gedung gedung bertingkat.

Peran serta penyuluh semakin diperlukan dalam zaman modern seperti sekarang ini, selain untuk membantu meningkatkan hasil pertanian terutama bahan pangan seperti beras, penyuluh pertanian pun juga harus memotivasi dan ikut serta dalam mensejahterakan para petani.

Peran penyuluh dalam sektor pertanian sangat dibutuh untuk mengantisipasi krisis pangan, kendala yang dihadapi untuk mengantisipasi krisis tersebut seringkali karena terjadinya faktor cuaca, ekploitasi lahan yang berakibat berpengaruhnya debit air untuk mengairi sawah dan pembangunan yang memakan lahan pertanian. 

Dengan kendala seperti itu lantas bagai mana dengan metode untuk mendukung peningkatannya hasil pertaniannya? metode untuk meningkatkan hasil pertanian pun semakin di perkenalkan kepada para petani, seperti Metode Jajar legowo, metode Hazton, SRI, SLPTT, SLPHT dan metode metode lainnya yang dapat meningkatkan hasil dari pertanian. dalam penyampaian metode-metode ini perlu diadakannya kontak langsung dengan para petani, yaitu dengan cara penyuluhan atau penyampaian dari metode pertanian tersebut.

Suka dan duka yang dijalani oleh penyuluh pertanian salah satunya adalah, jam kerja yang harus siap ditempatkan kapan saja diperlukan, ketika pegawai kantoran masuk jam 08.00 pagi dan pulang jam 16.00 sore, berbeda dengan penyuluh pertanian, harus mengikuti waktu yang disepakati oleh para petani. 

Tidak jarang para penyuluh harus melakukan penyuluhan pertanian pada siang, sore bahkan pada malam hari sekalipun. kondisi seperti ini memang sudah biasa dikarenakan harus memaklumi kondisi para petani. biasanya petani yang siap untuk menerima materi penyuluhan disaat sedang santai dan tidak terganggu oleh kegiatan sehari-hari.

Ada duka, adapun suka, dengan kegiatan penyuluhan pertanian selain kita dapat menyampaikan materi penyuluhan pertanian yang bermanfaat, juga dapat mengenal karakter para petani yang hadir, adat istiadat suatu desa dan menikmati kebersamaan bersama petani yang tidak didapat oleh pekerja kantoran. 

Kebanggaan yang tidak dapat dinilai lainnya adalah disaat penyuluh melihat hasil dari pertanian di petani binaannya bisa meningkat dari musim sebelumnya. bonus dari itu semua.. tidak jarang penyuluh pertanian membawa buah tangan yang diberi oleh petani biasanya buah tangan itu berupa hasil pertanian, dan untuk penyuluh pertanian yang lajang tidak jarang petani memberi peluang mencarikan jodoh didaerah desa binaannya tersebut.


Berikut curhatan seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang di kutip dari blog beliau Nuryulia Syahmi.
CERITAKU: SUKA DUKA MENJADI PPL

Kelihatannya menjadi seorang PPL (penyuluh pertanian lapangan) dewasa ini, tidak sama lagi dengan istilah dahulu kala yah, katanya PPL (putri paling laris) atau apalah namanya itu (pria paling laris). Seorang PPL sesuai tupoksinya dituntut lebih giat bekerja dan bekerja. Tidak hanya harus bisa nyangkul di lapangan tapi juga duduk dibelakang meja, bukannya duduk manis tapi kayak direktur bisa mengoperasikan komputer dan berselancar di dunia maya.

Penulis baru kurang 4 tahun menjadi seorang PPL, tapi memang dirasakan selama ini PPL menjadi pelaksana tugas penting di bidang pertanian dari instansi/dinas terkait. Penulis tidak menggunakan istilah PPL ujung tombak karena keterkaitan  antara PPL dan petani tak bisa dipisahkan, meskipun seorang PPL berbuat semaksimal mungkin dan berkorban waktu serta tenaga tanpa kepedulian dari petani niscaya hasilnya akan nihil. Seharusnya petanilah ujung tombak, dan seorang PPL pelempar tombak itu!

Selama penulis di lapangan kerjasama dengan petani cukup terjalin erat, pada musim tanam  padi dan musim selang tanam kedelai, penulis turun ke lapangan ikut membantu petani, ikut merasakan kebahagiaan yang mereka bayangkan jika sudah panen nanti. Penulis hanya bisa berharap semoga panennya melimpah atau setidaknya sawah mereka tidak terserang hama yang merugikan. Petani dengan ikhlas menanam padi di bawah teriknya mentari. Ikhlas merupakan sumber kekuatan dan kebahagiaan hidup. Mengutip kata Komaruddin Hidayat, ikhlas adalah energi dan cahaya hati. Tanpa keikhlasan daya hidup akan melemah dan dunia menjadi pengap. Demikianlah petani dan PPL sama-sama ikhlas menjalankan fungsi masing-masing. Suatu perbuatan akan mendatangkan rasa bahagia jika dilakukan berdasarkan dorongan hati kecil kita masing-masing.

Dibalik sukanya menjadi seorang PPL tak dipungkiri ada rintangan. Rintangan itu bukannya semak belukar yang kita lalui, sungai yang kita sebrangi tapi silang pendapat yang  dihadapi. Toh, kepala sama hitam tapi pendapat berbeda-beda. Untuk mengubah PSK (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) dari seorang petani terasa lama menanti. Disamping itu seorang PPL juga diharuskan membuat laporan kunjungan yang notabene ditandatangani oleh petani. Terkadang memang terasa sungkan tapi yah, sekali lagi harus ikhlas dalam melakukan setiap tindakan. Inilah yang penulis jalani. 

Nah dengan informasi di atas, kiranya para pembaca budiman bisa membayangkan bagaimana dan apakah pekerjaan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) itu dan bagaimana kiprah mereka bergelut dengan waktu dan tenaga untuk sebuah informasi yang wajib mereka sampaikan. 

Semoga menjadi pengetahuan bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: Sampul Pertanian dan Nuryuliasyahmi

Jika anda ingin menyumbangan pengalaman anda sebagai Penyuluh Lapangan atau Penyuluh Swadaya atau juga yang terkait di bidangnya silahkan KONTAK kami mengundang anda sebagai kontributor.
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Blogger
Disqus

1 komentar

© 2020 Posluhdes

Resgistrasi Posluhdes

This order requires the WhatsApp application.

Order now