POSLUHDES dan Fungsi Kelompok Tani

shape image

POSLUHDES dan Fungsi Kelompok Tani

Posluhdes

Visi Kementrian pertanian adalah Terwujudnya Pertanian Industrial Unggul Berkelanjutan Yang Berbasis Sumberdaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan, Nilai Tambah, Daya Saing, Ekspor dan Kesejahteraan Petani. Visi tersebut kemudian dielaborasi kedalam beberapa misi salahsatunya adalah Menjadikan petani yang kreatif, inovatif, dan mandiri serta mampu memanfaatkan iptek dan sumberdaya lokal untuk menghasilkan produk pertanian berdaya saing tinggi.

Terkait dengan hal tersebut, salahsatu upaya yang terus dilakukan adalah menumbuhkembangkan kelompok tani dan gabungan kelompok tani, agar menjadi sebuah lembaga yang mampu menjadi wahana belajar, kerjasama dan menjadi sebuah unit produksi yang memadai.

Terbitnya Permentan 273 tahun 2008, yang kemudian disempurnakan dalam Permentan 82 tahun 2013, sejatinya dapat menjadi pemicu bagi penyuluh pertanian untuk meningkatkan kualitas kelompok tani dan gabungan kelompok tani. Tiga indikator kunci sebagaimana tercantum dalam kedua peraturan tersebut adalah memfungsikan petani sebagai Wahan belajar, kerjasama dan unit produksi. Ketiganya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kemudian, selain upaya sebagaimana tercantum dalam permentan di atas, ada upaya lain yang dapat mempengaruhi kualitas dan kemampua kelompok tani dan gapoktan agar lebih baik, yaitu dengan mengembangkan Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes).

Posluhdes adalah unit kerja non struktural yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama dalam kegiatan penyuluhan di tingkat desa/kelurahan (Undang-Undang Nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan). Posluhdes merupakan ujung tombak pengembangan kelembagaan penyuluhan pertanian karena lokasinya berada di desa/kelurahan. Disamping itu, Posluhdes juga memiliki peran yang strategis untuk kemajuan pembangunan pertanian di pedesaan.

Peran-peran Posluhdes tersebut diantaranya dalah; memudahkan penyuluh dalam menginventarisir permasalahan petani dilapangan, proses interaksi petani dengan penyuluh di Posluhdes akan berujung pada inventarisasi permasalahan petani oleh penyuluh, Posluhdes tidak hanya sebagai tempat bertemunya petani dan penyuluh, tapi di Posluhdes tersedia berbagai informasi tentang pertanian, seperti informasi dari media Sinar Tani, buku-buku pertanian, Folder, Leaflet, Brosur dan media penyuluhan lainnya, dengan adanya media tersebut pada umumnya petani akan mudah memberikan pertanyaan karena mereka akan memiliki sedikit gambaran tentang masalah yang dihadapinya.

Selanjutnya, Posluhdes juga sangat berperan dalam membangun petani, kelompoktani dan gabungan kelompoktani menjadi lebi komptetitif, karena adanya posluhdes di tiap desa dapat merangsang petani untuk menjadikan Posluhdes mereka sebagai posluhdes terbaik dengan layanan prima bagi anggotanya. Dengan demikian keberadaan Posluhdes akan benar-benar menjadi basis bagi kegiatan penyuluhan di tingkat desa.

Keberadaan Posluhdes juga dianggap dapat bepengaruh bagi kegiatan pengembangan agribisnis petani. Secara umum lokasi Posluhdes berada ditengah atau pusat desa, dimana setiap petani yang ada didesa terebut mampu menjangkaunya.

Letaknya yang strategis tersebut dapat digunakan oleh kelompok sebagai tempat atau display untuk usaha mereka. Kegiatan pengembangan agribisnis, terkait dengan perencanaan, pengelolaan dan penguatan kemitraan dengan pihak lain juga dapat dilakukan ditempat ini.

Mengingat pentingnya keberadaan Posluhdes tersebut maka sudah selayaknya pemerintah, baik melalui Kementrian, Provinsi maupun Kabupaten, menumbuh kembangkan keberadaannya dan menjadikannya sebagai basis utama penyuluhan di tingkat desa.

Sumber: Petanitangguh

Jika anda ingin menyumbangan pengalaman anda sebagai Penyuluh Lapangan atau Penyuluh Swadaya atau juga yang terkait di bidangnya silahkan KONTAK kami mengundang anda sebagai kontributor.

Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

© 2020 Posluhdes

Resgistrasi Posluhdes

This order requires the WhatsApp application.

Order now