Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes

shape image

Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes


Semakin banyak Posluhdes yang segera memiliki situs Posluhdes untuk desa nya masing-masing. Bisa di lihat beberapa diantaranya sudah bisa di akses meski masih terdapat banyak yang masih kosong.

Setelah Situs Web Posluhdes selesai di bangun dan bisa di akses dengan terdapat konten-konten dasar sebagai sample, pasti rekan-rekan Penyuluh beberapa di antaranya ingin tau cara membuat postingan untuk menulis artikel, Berita atau informasi kegiatan Posluhdesnya.

Disini Web Posluhdes akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat postingan ke situs Web Posluhdes nya masing-masing.

Pertama Silahkan Download aplikasi Blogger melalui Playstore Di android anda, lalu unduh/download.

Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes

Setelah download, jalankan aplikasi Blogger tersebut. Untuk sebagian pengguna akan lansung masuk menggunakan akun Gmail yang sebelumnya telah terdapat di perangkat Androidnya dan belum pernah menggunakan situs web platform Blogger maka anda diminta untuk mengisi Nama Profile penulis.

Nah disini ABAIKAN ini dulu karena itu menggunakan akun milik peribadi dimana Nama Penulis itu adalah untuk blogger peribadi nantinya. Bukan nama penulis Web Resmi Posluhdes yang akun loginnya telah disiapkan dengan menggunakan akun email resmi Posluhdes, yaitu namaposluhdes@posluhdes.my.id

Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes

Jika otomatis lansung masuk dengan akun peribadi, cukup keluar dari akun tersebut dengan klik tombol bulat atau gambar priofile akun Google/Gmail peribadi anda dan pilih menu "[ Logout dari Blogger ]" Sehingga akan beralih ke halaman yang ada tombol "[ Login dengan Google ]"

Namun jika yang tampil lansung adalah tombol "[Login dengan Google]", tinggal klik tombil tersebut dan anda akan diminta untuk memilih akun Google yang telah terdapat di Android anda. 

Karena belum pernah memasukan alamat email resmi Posluhdes untuk pertama kalinya silahkan pilih menu "[Tambahkan akun lain ]", lalu masukin alamat email resmi yang di peroleh dari Web Posluhdes misalnya namaposluhdes@posluhdes.my.id sebagai login akunnya.

Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes

Tim pengembang Web Posluhdes telah mengaktifkan alamat email tersebut dengan kemampuan akses semua fasilitas Google seperti Playstore, Google Drive, dan lain-lain Kecuali GMail.

Gmail memang tidak bisa di akses menggunakan akun yang bukan @gmail.com karena Web Posluhdes menggunakan email server berbeda dengan domain @posluhdes.my.id sehingga hanya fitur Gmail yang tidak bisa di akses. 

Ketika anda memasuki alamat email resmi untuk akses login ke situs Web Posluhdes yang anda kelola, kurang lebih tampilanya seperti ini. Abaikan kena warnanya hitam sementara di HP anda berwarna putih karena Tim kami menggunakan mode gelap untuk HPnya sebagai contoh untuk membuat tutorial ini.

Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes

Karena itu setelah finishing pengembangan situs Web Posluhdes milik Posluhdes Resmi kelolaan anda, developer selalu akan meminta konformasi nomor HP agar nantinya akses ke akun Google dengan menggunakan email namaposluhdes@posluhdes.my.id tersebut sepenuhnya di akses oleh pengelola Posluhdes secara resmi dan keamanan melalui akses ke nomor HPnya tersebut.

Untuk cara mengakses Email Resmi posluhdes agar posluhdes yang anda kelola nanti bisa menggunakan nya untuk berkirim surel email dan menerima, akan kami buatkan tutorialnya lain kesempatan.


Cara Posting Artikel di Web Posluhdes anda

Setelah berhasil Login dengan akun resmi posluhdes, anda akan melihat tampilan beberapa artikel yang telah ter-publish sebagai contoh/demo postingan. Bisa di lihat dari gambar dibawah ini.

Saya Menulis Artikel, Berita dan Kegiatan di Situs Web Posluhdes

Silahkan perhatikan gambar di atas ini. Untuk menulis artikel bisa gunakan tombol pensil di sebelah kanan bawah dan akan beralih ke fomulir "Buat postingan".

Dari fomulir "Buat Postingan" tersebut akan kelihatan 3 kolom, yang atas/pertama Judul artikel, yang tengah menulis artikel... dan yang bawahnya Label.

Penjelasanya, Untuk judul usahakan jangan terlalu panjang. Ibarat judul sebuah artikel, singkat, padat dan menarik maksudnya. Sebagai contoh judulnya, "Peran Generasi Petani Milenial di Era Pertanian 4.0" (tanpa tanda kutip). Usahakan Setiap kata utama menggunakan huruf Capital diawalnya kecuali kata tunjuk. ini akan membantu memudahkan Google menyimpan kata kunci di mesin pencari agar situs Web Posluhdes anda mudah di Index oleh mesin Google Pencari.

Untuk kolom Artikel tulisah artikel seberapa panjang yang anda inginkan, minimal kalau bisa 500 huruf agar berbentuk seperti artikel. Jangan pendek seperti menulis status di Facebook atau Twitter anda. Itu status. Kalau artikel harusnya minimal 500 hiruf. Ini juga salah satu agar mesin pencari Google cepat mengenali situs Web Anda. dan jangan lupa pisahkan dengan paragraf agar tulisan tidak keliahatan tertumpuk sehingga ada jeda tarik nafas pembaca... Hehe..

Di dalam kolom penulisan artikel ini juga terdapat menu ikon di bagian bar bawahnya. Antaranya  untuk memasukan gambar baik upload/muat naik dari HP atau lansung di poto dengan camera. Disini kami menyarankan usahakan menggunakan upload/muat naik, artinya photo yang sudah tersedia di HP. karena kebanyakan HP jenis terbaru kapasitas gambar sangat besar sehingga ketika gambar tampil di situs, terasa besar dan membuat situs berat saat loading dan membuat pembaca situs web posluhdes anda jenuh menunggu.

Selain itu ada menu ikon membuat huruf tebal atau miring dan garis bawah (under line). Ketiganya bisa di gunakan sekaligus atau satu atau dua sekaligus. Caranya cukup highligh tulisan yang mau di tebal,miring atau di garis bawahi, lalu pencet tombol ini. Bisa lansung di praktikan agar jelas.

Dan terakhir tombol link/tautan. Gambar tombol seperti rantai ini berfungsi untuk menambah link/tautan ke situs atau halaman lain. Misalnya anda ingin membuat link tulisan "download disini", cukup highligh tulisan "download disini", lalu pencet tombol rantai ini lalu anda di minta memasukan alamat tujuan tautan.

Nah itu itu untuk kolom artikel. Sekarang untuk kolom Label. Fungsi kolom Label ini adalah kategori artikel. Anda bisa melihat secara dasarnya setiap artikel memiliki Label. Jika anda melihat situs halaman Web Posluhdes anda (namaposluhdesku.posluhdes.my.id), lihat di Menu ada pilihan menu "Berita", di sub-menunya ada beberapa pilihan lain, nah pilihan lain ini lah di sebut sebagai "Label".

Secara dasar pengembang sudah membuatkan Label seperti "Berita, Kegiatan, Intisari, Panduan dan Materi. Namun bisa di tambah jika anda ingin menambah. Cukup sesuaikan artikel dan konten yang anda tulis tersebut mengenai apa? Apakah berbentuk berita, panduan, kegiatan, materi atau lainya. Jika ada penambahan Label baru silahkan anda tambahkan saat menulis artikel, dan konfirmasi kepada kami jika ada penambahan label, maka situsnya akan kami edit untuk disesuaikan dengan label baru tersebut sehingga jika tampilan di situs di klik bisa membawa pembaca kepada kategori tersebut.

Silahkan di lihat saat anda berada pada halaman "Buat postingan" tersebut. Dibagian atas ada menu seperti Pesawat Kertas. Tombol itu digunakan ketika anda siap untuk mepublikasi tulisan anda sehingga publik lansung bisa melihat apa yang anda tulis termasuk Judul, Isi artikel beserta gambarnya jika ada dan label jika sudah di tuliskan Label nya. 

Namun jika anda merasa tulisannya belum rapi, anda boleh memilih menu Titik Tiga vertikal di sudut kanan paling atas sebelah ikon pesawat kertas. Dengan klik ikon tersebut, akan keluar pilihan menu, "Simpan sebagai draf" dan "Hapus". Maka jika masih mau di edit, simpan saja dulu sebagai draf sebelum anda benar-benar yakin tulisan tersebut siap di baca publik. Jika anda tidak jadi mempublikasikannya dan tidak juga ingin menyimpan sebagai Draf, cukup pilih menu "Hapus".

Nah begitulah sesingkatnya tutorial ini kami buat. Semoga mudah di fahami dan di coba agar para Penyuluh juga secara bertahap bisa melek IT dan bisa mempublikasi kegiatan dan penyuluhannya layaknya "wartawan" sehingga potensi Penyuluh terasah semakin tajam, dan Potensi desa juga terpublikasi ke masyarakat.

Jika ada sebarang pertanyaan, silahkan hubungi Admin dan Tim Web Posluhdes. Jangan pernah sungkan untuk bertanya dan kita semua sama-sama belajar dalam membuat terobosan dan pengembangan dalam pelbagai aspek dan kesempatan. Semoga kedepanya rekan-rekan sahabat para Penyuluh semua bisa terus sukses dan berkembang bersama Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin..

Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

© 2020 Posluhdes

Resgistrasi Posluhdes

This order requires the WhatsApp application.

Order now