shape image

Tentang Web Posluhdes


Tentang Situs Web Posluhdes


Situs Web Posluhdes adalah sebuah wadah media untuk membangun media informasi bagi setiap Posluhdes di setiap desa di Indonesia. Media ini nantinya akan berfungsi untuk kegiatan penyuluhan mewakili desa masing-masing. Situs Web Posluhdes menyediakan sub-domain Posluhdes untuk di bangunkan sebuah situs web berbasis media blog dan berita untuk bisa menyampaikan informasi penyuluhan kepada masyarakat terutama Petani, Kelompok dan Wanita taninya. Dan tentunya Gratis!

Kami dari Web Posluhdes akan membagunkan sebuah situs atas nama Posluhdes dari masing-masing desa seleruh Indonesia dimana untuk saat ini konten yang terdapat pada umumnya bertemakan pertanian. Namun tidak membatasi untuk kegiatan penyuluhan lain termasuk, Penternakan, Perikanan, Kesehatan bahkan penyuluhan tentang kemasyarakatan.

Sebagai contoh, situs Web Posluhdes Karangtawang, basis desa dimana Team Developer Web Posluhdes berkantor dan berdomisili.

Pengembangan situs, design, logo hingga penggunaan email resmi atas nama Web Posluhdes dapat digunakan secara gratis selamanya.


Fasilitas dan Prasarana Digital
  • Masing-masing situs Posluhdes akan medapatkan nama domain secara gratis sesuai nama Posluhdes atau nama desanya misalnya, https://namaposluhdes.posluhdes.my.id. seperti contoh: https://karangtawang.posluhdes.my.id.

  • Masing-masing Posluhdes akan mendapatkan alamat email resmi gratis sesuai nama domainnya, misalnya, namaposluhdes@posluhdes.my.id. Seperti contoh: karangtawang@posluhdes.my.id. Yang nantinya ferfungsi sebagai alamat email resmi untuk semua urusan Posluhdes masing-masing.

  • Team Developer akan membantu memberikan bantuan teknis dan dukungan cara mengelola dan menginput artikel, berita, dan konten seputar Posluhdes masing-masing tanpa di pungut biaya apapun. Bahkan jika masing-masing penyuluh di Posluhdes tersebut, baik itu Penyuluh Lapangan (PNS), Penyuluh Swasta hingga Penyuluh Swadaya yang mengelola situs yang karena kesibukan waktu dilapangan akan dapat di bantu Tim Developer untuk meng-input data, artikel atau berita dengan cukup mengirim Whatsapp secara praktis.

  • Gratis Design dan tema tampilan situs! Web Developer akan membantu Penyuluh yang akan mengelola untuk Situs Web Posluhdes masing-masing dalam memilih tampilan yang akan kami sediakan. Tim Web Posluhdes akan menyediakan ratusan jenis design yang bebas untuk di pilih pengelola sesuai dengan pilihan dan tentunya unik dan sangat moderen. Design yang tersedia juga semuanya design situs yang responsive sehingga tampuilan situs akan fleksible dengan ukuran layar pengujung situs yang menggunakan perangkat berbda-beda.

  • Ikut Perlombaan Posluhdes Terbaik dan Informatif tingkat daerah sampai Nasional dengan Hadiah Menarik. Ini masih tahap Wacana dari Tim Web Posluhdes untuk memberikan semangat berkopentensi dalam menyampaikan informasi secara digital kepada masyarakat agar kegiatan penyuluhan dapat tersampaikan secara berkesinambungan. 

Cara mendaftar untuk mempunyai Situs Posluhdes

Sangat mudah! Untuk mendaftar bisal lansung ke halaman Fomulir Registrasi https://reg.posluhdes.my.id .

Untuk pertanyaan silahkan hubungi Tim Web Posluhdes melalui Whatsapp di nomor +62816764457 untuk pertanyaan lebih lanjut. Atau

Namun sebelumnya siapkan data yang diperlukan agar informasi pada situs posluhdes nantinya akan menjadi akurat dan mendapat kepercayaan pengunjung. Data yang di perlukan sebgaai berikut.
  1. Nama Posluhdes
  2. Alamat lengkap Posluhdes lengkap dengan Nama desa, nama Kecamatan, Nama Kabupaten dan Nama Provinsi serta Kode Pos.
  3. Nomor Kontak Whatsapp yang nanti digunakan sebagai kontak resmi untuk hubungan pengunjung situs dengan pengelola situs atau penanggungjawab situs.
  4. Nama Lengkap Oknum Penyuluh Lapangan Kecamatan termasuk gelar akademisnya.
  5. Nama Lengkap Penyuluh Swasta/Swadaya atau nama pengelola dan penanggungjawab Situs Posluhdes termasuk gelarnya akademis jika ada.
  6. Surat Rekomendasi dari Pemerintah Desa setempat (opsional).
  7. Data tambahan jika diperlukan dan akan di komunikasikan melalui Whatsapp oleh Tim Web Posluhdes.

Manfaat memiliki Situs Resmi Posluhdes mewakili Desanya

Telah banyak manfaat yang mampu diraih ketika Posluhdes memiliki sebuah media yang mampu dipublikasikan kepada publik berupa situs web antaranya;
  • Kegiatan Penyuluhan terdokumentasi dan tersimpan sebagai arsip selamanya yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja melalui internet sehingga penyuluh di Posluhdes mempunyai rekam jejak digital kegiatanya.

  • Menikatkan pengetahuan awam/umum terutama masyarakat dan petani/penternak dan lain sebagainya bagaimana dan apa yang di sampaikan penyuluh melalui media berupa artikel.

  • Mampu menginformasikan kepada publik baik nasional hingga internasional mengenai produk serta hasil pertanian dan berpotensi di hubungi secara langsung calon konsumen dan investor sehingga mampu memutuskan mata-rantai broker (tengkulak) untuk menjual produk masyarakat desa kepihak konsumen.

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Kapabilitas Penyuluh dan mengangkat potensi Desa masing-masing ketingkat Nasional dan Internasional untuk diketahui publik netizen.

  • Dan banyak lainya manfaat yang bisa diraih yang kami yakini Penyuluh sudah mengerti kemana arah tuju kegiatan penyuluhannya. Hanya Penyuluh yang tangguh dan punya rasa juang yang tinggi mengerti bagaimana informasi yang selama ini harus disampaikan lansung kepada pelaku utama.


Imbal balik Web Posluhdes serta Tim dan sejarahnya

Banyak yang bertanya kepada Tim Web Posluhdes, "Mengapa ini gratis?".

Untuk pengetahun para penyuluh yang kami hormati. Web Posluhdes dikembangkan oleh salah seorang Penyuluh Swadaya, saudara Saipul Bakri yang mana beliau juga pejuang seperti penyuluh-penyuluh lain. Dengan keterbatasan kemampuannya beliau mencintai dunia pertanian meski bukan sebagai pelaku utama.

Web Posluhdes dibagun atas inisiatif beliau karena melihat begitu berjejernya informasi di Internet namun sangat sedikit informasi mengenai penyuluhan terutama pertanian, perikanan, penternakan hingga kesehatan sehingga dunia maya hanya penuh dengan informasi yang sia-sia sehingga sangat sedikit orang-orang yang menuai manfaat darinya.

Fikiran ini terbuka darinya setelah ikut membantu sebagai Penyuluh Swadaya di desa dimana beliau berdomisili sehingga banyak hal yang perlu disampaikan kepada masyarakat terutama di perdesaan bahwa begitu banyak potensi yang harus digali dna di kembangkan.

Web Posluhdes adalah salah satu dari sekian banyak percobaannya untuk memberikan penyuluhan kepada msyarakat selain keyakinan spiritual bahwa sesuatu yang bermanfaat jika di tabur dan ditanam, pasti akan menuai dan memanetnya (konsep pertanian).

Di mulai dari Web Posluhdes Desa Karangtawang yang beliau bangun. Posluhdes tersebut mampu menarik minat banyak pihak. Selain petani yang mampu mendapatkan manfaat dari pengetahuan penyuluhan, informasi didalam juga mampu menarik minat investor dan konsumen hingga kepada pelajar yang ingin membuat skripsi tentang perdesaan, pertanian dan sebagainya.

Dari situlah ide Web Posluhdes ini dicetuskan. Namun terbentur dengan istilah, "tidak ada yang gratis". tekat dan semangat harus dikerahkan. Akhirnya secara bertahap Web Posluhdes ini di bagun dengan segala kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Tujuan hanya satu, "Swadaya". namun tidak membebankan pihak lain. Tanpa perlu anggaran desa, tanpa perlu anggaran dinas, pengembangan Web Posluhdes rampung dengan tujuan menyampaikan informasi mampu disampaikan dan segala informasi tentang penyuluhan dan potensi desa di Indonesia mampu bersaing dengan informasi lain di dunia maya.


Gratis dengan Iklan.

Web Posluhdes diberikan gratis untuk semua Posluhdes bukan bearti gratis jasa dan layanan internet juga didapatkan gartis gratis. Seperti istilah tadi diatas, "tidak ada yang gratis" sehingga pengembangan secara bertahap Web Posluhdes memberikan/berbagi fasilitas ini kepada setiap Web Posluhdes secara 'gratis' tentu mendapatkan imbal balik yang secukupnya.

Dengan tekat tanpa memminta anggaran pemerintah baik desa, kecamatan, kabupaten maupun pusat, inisiatif harus di cari agar mampu menmcapai gratis tanpa membebankan dan dilakukan secara swadaya.

Web Posluhdes berusaha mencari dukungan biaya pengembangan dengan berbagai cara dan yang sedang di kembangkan adalah jasa pihak ketiga sebagai pengiklan.

Dari setiap situs web posluhdes nantinya akan memaparkan beberapa iklan yang tidak begitu menganggu sehingga melalui iklan pihak ketiga tersebut Web Posluhdes, Pengelola dan Tim mendapatkan biaya untuk mengembangkan Web Posluhdes serta situs-situs posluhdes lainya.

Semakin banyak situs dan artikel menarik minat masyarakat, maka semakin meningkat juga presentasi iklan sehingga secara bertahap mampu mencapai atau menutupi biaya jasa server, email server dan maintanance situs-situs yang di kelola. Intinya kita berusaha tidak akan membebankan pihak serta instansi yang telah mendukung Kegiatan Posluhdes.

Jika nanti pihak pengiklan menganggap Web Posluhdes layak untuk memaparkan iklan dan Web Posluhdes mendapatkan bayaran yang setimpal, dari sanalah biaya-biaya itu mungkin akan tertutupi dan sinergi bersama penyuluh terus berjalan sehingga informasi tersampaikan, tidak membebankan anggaran biaya namun berusaha mandiri untuk tujuan pengembangan.


Wacana Presentase

Kami bersama Tim Web Posluhdes berwacana, jika nanti mendapat kepercayaan oleh pihak ketika yang beriklan dan mendapatkan bayaran, setelah dikeluarkan biaya tetap dan jasa, akan mengalokasikan untuk kegiatan Group Ikatan Posluhdes Indonesia di Facebook yang juga dikembangkan oleh Web Posluhdes

Salah satunya adalah "Perlombaan Posluhdes Terbaik & Informatif" untuk mendorong semangat penyuluh di seluruh Indonesia dan menyiapkan biaya kepanitiaan jika nanti memungkinkan.

Yang lainya adalah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan amal seperti sumbangkan kepada masyarakat dan kebajikan terutama petani, panti-panti dan seumpamanya.

Namun semua ini masih ditahap wacana dan Web Posluhdes masih tahap monitorin oleh pihak pengiklan untuk mendapat pertimbangan mereka.

Harapan kami di Web Posluhdes, semoga ini berhasil dan menjadi wadah yang bermanfaat untuk semua pihak terutama seluruh masayarakat khususnya penduduk di perdesaan yang potensi mereka selama ini tidak dapat di lihat oleh orang-orang di luar sana.

Semoga bermanfaat, kami tunggu kontak rekan-rekan penyuluh yang luar biasa untuk bersama bersinergi mengembangkan perjuangan kita bersama ini.


Tim Web Posluhdes

Diketahui oleh Saipul Bakri
Senior Developer Web Posluhdes 


© 2020 Posluhdes

Resgistrasi Posluhdes

This order requires the WhatsApp application.

Order now